05 Oktober, 2008

SAHABAT


Kita tidak dapat melakukan segala sesuatunya seorang diri.
Kita memerlukan orang lain dalam hidup ini. Orang – orang yang dapat mengangkat kita waktu kita sedang jatuh, orang – orang yang dapat menemani kita berjalan melalui segala permasalahan dalam hidup ini. Orang – orang tersebut adalah sahabat.

Walaupun demikian, sahabat bukanlah orang yang sempurna, bukan orang – orang yang dapat selalu ada di samping kita, dan bukan orang yang selalu mengerti kita. Sahabat terkadang melukai kita. Sahabat mungkin tidak selalu ada saat kita butuhkan.

Apa yang anda inginkan ada dalam diri seorang sahabat?
Berikan kriteria – kriteria sahabat yang baik menurut anda!

Ada berapa dari kriteria yang anda sebutkan yang ada di dalam diri anda? Hidupkan kriteria tersebut di dalam diri anda lebih dahulu sebelum anda mencari seorang sahabat seperti yang anda inginkan. Seringkali kita terjebak dalam pencarian kita akan sahabat yang baik. Padahal, yang seharusnya kita pikirkan, adalah bagaimana caranya agar kita dapat menjadi seorang sahabat yang baik bagi sahabat – sahabat kita terlebih dulu.

Ada harga yang sangat mahal yang harus dibayar untuk dapat menjadi seorang sahabat yang sejati, yang dapat bertahan melalui waktu.

Persahabatan dimulai dari inisiatif diri sendiri untuk membayar harga yang sangat mahal untuk dapat menjadi seorang sahabat yang baik bagi orang – orang di sekitar kita. Ada perkataan yang menyebutkan bahwa “sahabat datang dan pergi”. Seharusnya tidak demikian.

Sahabat memang tidak dapat selalu ada dan mungkin akan seringkali mengecewakan kita. Tetapi sahabat tidak “datang dan pergi”. Karena memang sesungguhnya menjaga keutuhan sebuah persahabatan adalah jauh lebih sulit daripada menemukan sahabat. Menjaga sebuah persahabatan akan menuntut kerja keras dan usaha yang luar biasa, dan hanya satu yang dapat menempa sebuah persahabatan yang sejati, yaitu waktu.

Persahabatan yang baik dan persahabatan yang merusak.Tidak semua persahabatan itu baik. Ada persahabatan yang merusak dan membawa kita ke arah yang lebih buruk, bukan lebih baik, seperti yang seharusnya.Persahabatan yang merusak adalah persahabatan yang menjatuhkan, dan bukan membangun.

Persahabatan sejati ditempa oleh waktu.

Tips untuk mempertahankan persahabatan:

1. Komunikasi yang terus menerus.

2. Kejujuran dan keterbukaan.

3. Ketulusan.

4. Keberanian untuk meminta maaf

5. Keberanian untuk memaafkan.

6. Fokus kepada kualitas yang baik yang dimiliki oleh sahabat anda, bukan sebaliknya.

7. Perhatian, penghargaan dan penerimaan.

8. Belajar terus menerus untuk mendengarkan.

And the last but not the least, “Kasihilah sesamamu manusia, seperti engkau mengasihi dirimu sendiri ”Belajarlah untuk mengenal diri sendiri. Kita tidak akan dapat mengasihi orang lain, apabila kita belum bisa mengasihi diri kita sendiri.

Kita tidak akan dapat sepenuhnya mempercayai orang lain apabila kita belum dapat mempercayai diri kita sendiri.

Tidak ada komentar: